Senin, 20 Juli 2009

RUKUN-RUKUN DAN SUNNAH-SUNNAH WUDHU

Wudhu mempunyai rukun-rukun. Jika salah satunya ditinggalkan maka batallah wudhu wudhunya. Ia juga memiliki sunnah-sunnah yang makruh untuk ditinggalkan dan tidak akan mendapat pahala dari sunah yang ditinggalkan tersebut, namun wudhunya tetaplah sah.

Ruku-rukun wudhu adalah:
1. niat
2. membasuh wajah, yang batasnya atas ke bawah dari tempat tumbuhnya rambut sampai dagu. Dan batas kiri ke kenan dari telinga ke telinga.
3. membasuh lengan tangan sampai ke kedua siku
4. mengusap kepala
5. membasuh kedua kaki sampai mata kaki
6. tertib (berurutan) antara bagian wudhu satu dengan lainnya sesuai dengan urutan yang telah disebutkan di atas. Maka tidak boleh mendahulukan membasuh tangan sebelum wajah. Dan tidak boleh mendahulukan membasuh kaki sebelum mengusap kepala.

Sedangkan sunah-sunah wudhu adalah:
1. membaca basmalah di awal
2. menggunakan siwak, sikat gigi atau tangan ketika membersihkan mulut dan menggosoknya.
3. mencuci dua telapak tangan di awal wudhu
4. berkumur sebanyak tiga kali
5. istinsyaq dan istintsar tiga kali
6. menyela-nyela jenggot dan memasukkan air di antara rambutnya.
7. menyela-nyela jari-jari tangan ketika membasuh tangan dan kaki
8. mengulangi sampai tiga kali dalam membasuh anggota wudhu yang dibasuh. Sedangkan bagian yang diusap cukup sekali saja.
9. mendahulukan bagian tubuh yang kanan.
10. mengusap kedua telinga
11. hendaknya menggosok bagian yang dibasuh dengan kedua tangan bersamaan dengan mengalirnya air atau setelahnya. Hal itu lebih bisa menjamin terkenanya seluruh anggota wudhu oleh air. Karena jika air tidak bisa mengenai seluruh anggota wudhu maka batallah wudhunya.
12. tidak memutus ketika membasuh satu bagian dengan bagian lainnya dalam waktu yang lama dan disengaja.
13. tidak berlebih-lebihan dalam penggunaan air
14. hendaknya membaca do'a ketika wudhu
"Allahummaghfirlii dzambii wawassi' lii daarii wabaariklii fii rizqii" (ya Allah ampunilah dosaku luaskanlah rumahku, berkahilah rizkiku)
15. berdo'a setelah selesai wudhu
"asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rosuuluhu." (aku bersaksi bahwa tiada ilah yang haq selain Allah semata dan tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya)
Jika ia membacanya maka akan dibukakan baginya delapan pintu jannah sebagaimana tersebut dalam hadits. Dan jika berkenan boleh menambahkan do'a:
"subhaanaka Allahumma wa bihamdika asyhadu an laa ilaaha anta astaghfiruka wa atuubu ilaika" (maha suci Engkau, ya Allah dan dengan memujiMu aku bersaksi bahwa tiada ilah yang haq selain Engkau aku memohon ampunanMu dan bertaubat kepadaMu)
Barangsiapa yang mengatakannya maka dituliskan baginya dalam sebuah buku kemudian ditutup dengan penutup serta dijaga sampai hari kiamat. Sebagaimana dalam hadits yang mulia.
16. shalat sunnah wudhu dua rakaat, akan menghapuskan dosa-dosa yang telah lalu.



3 komentar:

  1. alhamdulillah. Akhirnya ketemu juga bahan buat ujian. Semoga dapat berguna bagi yang lain. amiin

    BalasHapus
  2. keren buat ini woww... thanks yok ?? pr ku udah kelar :D

    BalasHapus